skip to Main Content

Memahami Konstruksi Bahasa Arab, Seputar Struktur dan Analisis

  • uai

Jakarta (8/1) Dalam memperingati Hari Bahasa Arab Sedunia yang jatuh pada 18 Desember, Program Studi Sastra Arab Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) bekerjasama dengan Ikatan Pengajar Bahasa Arab (IMLA) Indonesia dan Center For Research and Intercommunication Knowledge, Riyadh Saudi Arabia mengadakan acara seminar dengan tema “ البناء التركيبي للغة العربية نحو فهم التركيب والتحليل yang diadakan mulai pukul 08.00 sampai pukul 12.00 WIB di Auditorium Arifin Panigoro Universitas Al Azhar Indonesia, dengan  narasumber Dr. Ali bin Ma’youf Al- Ma’youf (Center For Research & Intercommunication Knowledge, Riyadh – Saudi Arabia). Acara yang dibuka oleh Rektor Universitas Al Azhar Indonesia Bapak Prof. Dr.Ir. Asep Saefuddin, M.Sc ini juga turut dihadiri oleh Wakil Rektor, Dekan Sastra, Ketua Prodi dan Para Dosen Program Studi Sastra Arab Universitas Al Azhar Indonesia.

Seminar ini akan diisi dengan simulasi atau pelatihan singkat pengembangan kecakapan mengajar Bahasa Arab bagi penutur asing yang fokus mengenal dan memahami kontruksi struktur dalam Bahasa Arab seputar pemahaman struktur dan analisis, sebagaimana tema dalam seminar ini. Peserta akan dilibatkan dalam pelatihan singkat tentang bagaimana mengenal dan mengetahui fungsi macam macam struktur kalimat dalam Bahasa Arab khususnya pada pola kalimat yang terbuat dari verba (kata kerja) dan nomina (kata benda). Adapun peserta dalam acara ini terdiri dari beberapa dosen Universitas negeri dan swasta Jakarta dan perwakilan dari ikatan mahasiswa Sastra Arab tingkat wilayah 3 DKI Jakarta. Adapun panitiannya terdiri dari beberapa dosen, guru bahasa arab Yayasan Sekolah Islam Al Azhar dan guru guru dari Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta.

llugotu-l-arabiyah, llugotul-l-Qur’an… “ Ucap Syeikh Ali bin Ma’youf Al Ma’youf dalam pembahasaanya mengenai pertayaan mahasiswa tentang bagaimana meningkatkan motivasi penggunaan Bahasa Arab dalam kehidupan sehari hari, dimana artinya “Bahasa Arab adalah Bahasa Al Quran”, kalimat Ini menegaskan bahwa  umat muslim tidak bisa dipisahkan dari bahasa arab oleh karena itu kita sebagai umat muslim juga harus memberikan andil dalam menjaga dan melestarikan Bahasa Arab.

Ditutup dengan pemberian cinderamata oleh Ketua Program Studi Sastra Arab Ibu Dr. Iin Suryaningsih SS,MA dilanjutkan dengan sesi foto bersama narasumber, Rektor, dan para peserta dan diakhiri dengan  ramah tamah makan siang bersama Rektor dan para Dosen Sastra Arab Universitas Al Azhar Indonesia, semoga acara ini dapat menambah wawasan dan motivasi mahasiswa dalam mendalami Bahasa Arab  khususnya bagi mahasiswa program studi Sastra Arab.

Universitas Al Azhar Indonesia
Universitas Al Azhar Indonesia
Universitas Al Azhar Indonesia

Back To Top